Minggu, 17 November 2013

Masalah yang Berkaitan dengan Anak SD


KLIPING

Layanan Bimbingan di SD

“Masalah Yang Berkaitan Dengan Anak SD”


Dosen pengampuh :

Vanda Rezania

 

Disusun Oleh :

Siti Jumaroh

(118620600194)

PGSD-C/ Semester 3

 

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

2013

v Down Arrow: 1Sumber-Sumber Masalah

1.      Anak yang pendiam

2.      Kurangnya bersosialisasi

3.      Tingkah laku anak yang nakal

4.      Peran seorang guru

5.      Penanaman norma-norma yang kurang

6.      Bimbingan dari orang tua

7.      Pergaulan siswa yang kurang baik

v Analisa

Masalah-masalah yang ada pada bacaan adalah mengenai kenakalan anak yang dinilai tidak wajar. Kenalan tersebut berawal dari olok-olok biasa, namun sampai pada akhirnya kekerasan pun yang ditimbulkan. Awalnya anak yang pendiam itu di olok-olok namun dia tidak mempedulikannya. Kemudian dicubit temannya, tapi dia juga masih tetap diam. Dan sampai pada akhirnya anak tersebut di hajar sampai luka. Karena hal tersebutlah orang tua korban tidak menerima perlakuan dari siswa yang berlaku sebagai tersangka. Karena melihat dari fisik anaknya yang kurang baik (lemah). Namun, guru pun tidak menangani hal tersebut dengan bijaksana. Sehingga kejadian tersebut berlarut-larut menimpa sang anak (korban).

Dari apa yang sudah saya dapat, saya menggolongkan peristiwa ini ke dalam kebutuhan esteem dan kebutuhan social, dimana seseorang butuh pengakuan orang lain untuk dihargai mengenai keberadaannya dan statusnya. Karena anak ini sangat pendiam sehingga dia sulit untuk bergaul. Untuk itu dia membutuhkan adanya pengakuan dalam dirinya di sekolah. Dan anak tersebut juga butuh untuk berinteraksi dengan sesama untuk melakukan fungsinya sebagai makhluk social.

 

 

 

 

v Solusi

Sebaiknya anak yang menjadi korban tersebut tidak boleh terlalu tertutup dengan temannya hanya karena sakitnya. Agar anak tersebut bisa bersosialisasi/ bergaul dengan teman-teman yang lainnya. Sehingga akan tercipta adanya komunikasi timbal balik yang baik dan akan terjalinnya suatu persahabatan.

Sedangkan untuk siswa yang berlaku sebagai tersangka sebaiknya dapat memahami keadaan dari temannya yang sedang sakit tersebut. Jika temannya sedang kesusahan sebagai teman yang baik harus membantu, bukan malah mengatai, mengolok, bahkan menjauhinya.

Seorang guru pun juga tidak boleh lepas tangan dengan kegiatan apa saja yang dilakukan siswanya selama di sekolah. Guru harus memberikan pengarahan kepada siswanya untuk tidak melakuakan hal-hal yang sebaiknya atau tidak layak dilakukan. Misalnya ada siswa yang melakukan keslahan guru harus mengingatkan kepada siswa tersebut agar tidak mengulangi perbuatannya tersebut. Karena jika dari guru dan siswa terjalin hubungan komunikasi yang baik suasana kelas akan menjadi nyaman, damai, dan tentram. Dan kejadian seperti “bully” pun tidak akan terjadi.

Tidak hanya itu, di dalam peristiwa ini orang tua pun berperan. Dimana orang tua harus bisa membimbing anaknya agar menjadi anak yang baik (baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

v Down Arrow: 2Sumber-Sumber Masalah

1.      Gangguan psikis

2.      Kurangnya bersosialisasi

3.      Tingkah laku anak yang nakal

4.      Peran seorang guru

5.      Penanaman norma-norma yang kurang

6.      Bimbingan dari orang tua

7.      Pergaulan siswa yang kurang baik

v Analisa

Masalah-masalah yang ada pada bacaan adalah mengenai kenakalan anak yang dinilai tidak wajar. Dimana siswa SD menghamili teman sebayanya sendiri. Sejatinya anak seumuran kelas 5 masih belum mengenal yang namanya seks. Namun kenyataannya sekarang banyak orang yang sudah tidak asing dengan hal tersebut bahkan di kalangan anak SD sekalipun. Itu terjadi karena adanya perkembangan teknoligi yang sangat pesat, namun tidak di imbangi dengan iman dan taqwa dari diri individu masing-masing. Hal ini membawa dampak pada siwsa perempuan tersebut.

Dari apa yang sudah saya dapat, saya menggolongkan peristiwa ini ke dalam kebutuhan aktualisasi diri, dimana seorang siswa membutuhkan pengekspresian diri. Pengekspresian diri yang dimaksud disini adalah hasrat siswa tersangka tersebut untuk melampiaskan apa yang di inginkan pada siswa korban.

v Solusi

Sebaiknya anak yang menjadi korban tersebut di rawat dan di berikan motivasi agar tidak terpuruk untuk seterusnya. Dan bagi siswa yang berlaku sebagai tersangka membutuhkan adanya pengawasan dari guru dan orang tua dalam melakukan suatu tindakan. Agar tidak sampai terulang kejadian seperti pada peristiwa di atas. Orang tua memberikan kesibukan pada anak yang mengarah pada hal positif, seperti kursus, mengaji, dan sebagainya.

v Down Arrow: 3Sumber-Sumber Masalah

1.      Tingkah laku anak yang kriminalitas

2.      Peran seorang guru

3.      Penanaman norma-norma yang kurang

4.      Bimbingan dari orang tua

5.      Pergaulan siswa yang kurang baik

6.      Kurang kasih sayang di keluarga

v Analisa

Masalah-masalah yang ada pada bacaan adalah mengenai kenakalan anak yang dinilai tidak wajar. Dimana siswa SD melakukan pembunuhan berencana terhadap temannya sendiri. Hal ini dilakukan karena siswa tersebut tidak mau dirinya celaka hanya karena mencuri ponsel. Untuk itu dia membunuh temannya yang mengetahui hal tersebut, agar temannya tidak buka mulut kepada orang lain. Anak tersebut bisa melakukan hal itu karena kondisi di lingkungannya pun seperti itu, penuh dengan kekerasan. Jadi dia melakukan hal itu berdasarkan apa yang pernah dia alami.

Dari apa yang sudah saya dapat, saya menggolongkan peristiwa ini ke dalam kebutuhan rasa aman. Yaitu rasa aman secara psikologis, seperti tubuh yang sehat, terlindung dari bahaya.

v Solusi

Sebaiknya anak di berikan kasih sayang yang lebih, agar anak tersebut bisa menjalani hidup pun penuh dengan kasih sayang. Orang tua harus sering mengajak anaknya untuk berkomunikasi, agar tercipta adanya keterbukaan satu sama lain. Sehingga maslah apapun akan di ceritakan dan tidak ada hal-hal yang ditutupi. Dengan demikian hal tersebut tidak akan terjadi.

 

 

 

 

v Down Arrow: 4Sumber-Sumber Masalah

1.      Tingkah laku anak yang kriminalitas

2.      Peran seorang guru

3.      Penanaman norma-norma yang kurang

4.      Bimbingan dari orang tua

5.      Pergaulan siswa yang kurang baik

v Analisa

Masalah-masalah yang ada pada bacaan adalah mengenai kenakalan anak yang dinilai tidak wajar. Dimana siswa SD melakukan pencurian sepada motor hanya demi merayakan malam takbiran. Hal itu terjadi lantaran adanya kesempatan dari situasi yang di alami. Karena melihat situasi itu pun anak tersebut beraksi melakukan pencurian.

Dari apa yang sudah saya dapat, saya menggolongkan peristiwa ini ke dalam kebutuhan aktualisasi diri. Yaitu pengekspresian diri. Dia membutuhkan pengekspresian pada malam takbiran dengan cara mencuri sepeda motor milik orang lain.

v Solusi

Sebaiknya anak tersebut di berikan pengarahan agar hal yang di lakukan menuju ke arah yang positif. Anak juga butuh pengawasan dari orang tua dan guru agar tindakan yang dilakukan masih dalam ruang lingkup kebenaran dan tidak terjerumus pada hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti mencuri yang ada pada bacaan di atas.

 

 

 

 

 

 

 

v Down Arrow: 5Sumber-Sumber Masalah

1.      Tingkah laku anak yang kriminalitas

2.      Peran seorang guru

3.      Penanaman norma-norma yang kurang

4.      Kurangnya bimbingan dari orang tua

5.      Pergaulan siswa yang kurang baik

6.      Kurang kasih sayang di keluarga

v Analisa

Masalah-masalah yang ada pada bacaan adalah mengenai kenakalan anak yang dinilai tidak wajar. Dimana siswa SD melakukan pembunuhan terhadap temannya sendiri karena hanya tersinggung pada perkataan teman geng lainnya. Hal ini dilakukan dengan motif balas dendam. Tidak ingin merasa gengnya kalah dengan geng lain. Untuk itu dia melakukan pembunuhan pada anak SMP tersebut, agar tidaka ada lagi yang menganggap remeh gengnya.

Dari apa yang sudah saya dapat, saya menggolongkan peristiwa ini ke dalam kebutuhan esteem. Yaitu butuh pengakuan orang lain untuk dihargai mengenai keberadaannya dan statusnyan di mata geng-geng lainnya.

v Solusi

Sebaiknya anak tersebut di berikan pengarahan agar hal yang di lakukan menuju ke arah yang positif. Anak juga butuh pengawasan dari orang tua dan guru agar tindakan yang dilakukan masih dalam ruang lingkup kebenaran dan tidak terjerumus pada hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti pembunuhan yang ada pada bacaan di atas. Anak juga harus diawasi pergaulannya, agar tidak terjerumus pada pergaulan bebas.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar