Minggu, 17 November 2013

Silabus Matematika Kelas 5 SD Semester 2


SILABUS

 

Satuan Pendidikan    : SD Karang Andong 2

Kelas                           : V

Semester                     : 2

Mata pelajaran          : Matematika

SK                               : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah

KD                              : 5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya

 

 

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Pecahan
·  Siswa mampu mengubah pecahan biasa ke bentuk persen
·  Siswa mampu mengubah persen ke bentuk pecahan biasa
·  Siswa mampu mengubah pecahan campuran ke bentuk persen
·  Siswa mampu mengubah persen ke bentuk pecahan campuran
·  Siswa mampu mengubah pecahan biasa ke bentuk decimal
·  Siswa mampu mengubah desimal ke bentuk pecahan biasa
·  Siswa mampu mengubah pecahan campuran ke bentuk decimal
·  Siswa mampu mengubah desimal ke bentuk pecahan campuran
·  Siswa mampu mengubah persen ke bentuk decimal
·  Siswa mampu mengubah desimal ke bentuk persen
a.   Kognitif
Ø Produk
·      Mengubah pecahan biasa ke bentuk persen
·      Mengubah persen ke bentuk pecahan biasa
·      Mengubah pecahan campuran ke bentuk persen
·      Mengubah persen ke bentuk pecahan campuran
·      Mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal
·      Mengubah desimal ke bentuk pecahan biasa
·      Mengubah pecahan campuran ke bentuk decimal
·      Mengubah desimal ke bentuk pecahan campuran
·      Mengubah persen ke bentuk decimal
·      Mengubah desimal ke bentuk persen
Ø Proses
·      Menjelaskan cara menyelesaikan perhitungan yang berhubungan dengan pecahan biasa, pecahan campuran, persen, dan desimal
b.   Afektif
1.    Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi: disiplin, jujur,  peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka dan mendengarkan pendapat teman.
2.    Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, komunikatif dalam pembelajaran.
c.   Psikomotor
·      Melakukan penyelesaian pada soal yang berhubungan dengan pecahan biasa, pecahan campuran, persen, dan desimal serta ditampilkan/ dipresentasikan di depan kelas
 
 
 
Tes
 
 
 
Tes
 
 
Tes
 
 
 
Tes
 
 
Tes
 
 
 
Tes
 
 
 
Tes
 
 
Tes
 
 
 
Tes
 
Tes
 
 
 
Tes
 
 
 
 
 
 
 
Pengamatan
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pengamatan
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pengamatan
 
 
Tes Tulis
 
 
 
Tes Tulis
 
 
Tes Tulis
 
 
 
Tes Tulis
 
 
Tes Tulis
 
 
 
Tes Tulis
 
 
 
Tes Tulis
 
 
Tes Tulis
 
 
 
Tes Tulis
 
Tes Tulis
 
 
 
Tes Tulis
 
 
 
 
 
 
 
Pengamatan perilaku berkarakter
 
 
 
 
 
 
 
 
Pengamatan Keterampilan Sosial
 
 
 
 
 
 
 
Pengamatan Presentasi
 
 
LP-1
 
 
 
LP-1
 
 
LP-1
 
 
 
LP-1
 
 
LP-1
 
 
 
LP-1
 
 
 
LP-1
 
 
LP-1
 
 
 
LP-1
 
LP-1
 
 
 
LP-2
 
 
 
 
 
 
 
LP-3: Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter
 
 
 
 
 
 
LP-4: Lembar Pengamatan Keterampilan Sosial
 
 
 
 
 
LP 5: Presentasi
 
1 x 35’
LKS 1
 
LKS 2
 
LP 1: Produk
 
LP 2: Proses
 
LP 2: Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter
 
LP 4: Lembar Pengamatan Keterampilan Sosial
 
LP 5: Lembar Pengamatan Presentasi
 
 
Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
 
Silabus
 
 
 
 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar